Tugas Minggu ke 3 Aplikom 2

1.TUGAS STUDIO PERANCANGAN KONTEKSTUAL

“SPA CENTER

LATAR BELAKANG PENDIRIAN SPA
Aktualita :
-Semakin maju perkembangan suatu kota, semakin banyak permasalahan yang muncul terkait kehidupan masyarakat, terlebih lagi kalangan masyarakat menengah ke atas yang tingkat karirnya tinggi.
-Belum tersedianya fasilitas lengkap di satu tempat yang dapat mengakomodasi semua kebutuhan akan kesehatan di kota Semarang.
-Adanya Trend dari masyarakat kalangan menengah ke atas akan kesehatan di dalam kesibukan dari aktivitas mereka.
Urgensi :

-Sarana-sarana seperti fitness centre plus Spa kian marak mengingat kondisi perekonomian warga kota besar yang cukup tinggi selain itu juga membantu menanggulangi banyaknya anggapan bahwa olah raga membosankan dan membutuhkan banyak waktu dan tentunya juga didukung oleh pola hidup masyarakat kota besar yang cenderung serba praktis, serba instan, dan lain sebagainya yang lebih dikenal dengan urban life style.

PENGERTIAN SPA

SPA merupakan suatu singkatan kata yang berasal dari kata Solus Per Aqua (Solus = Pengobatan atau Perawatan, Per = Dengan dan Aqua = Air). Berdasarkan arti tersebut maka dapat dikatakan bahwa SPA adalah suatu sistem pengobatan atau perawatan dengan air atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Hydrotherapy. Secara lebih rinci SPA didefinisikan sebagai suatu cara penatalaksanaan kesehatan dengan mempergunakan air dalam berbagai bentuk untuk mengobati suatu penyakit atau untuk mempertahankan kesehatan individu.(Tinjauan kepustakaan cermin dunia kedokteran no. 150 57)

 

Metode perawatan dan layanan relaksasi yang ditawarkan berbeda dengan beberapa

tempat Spa lainnya. Inilah yang menjadi salah satu keunikan pada fasilitas Spa ini.

Layanan yang disediakan yaitu:

– Spa Treatment dan Body Treatment

Facial, Pedicure – Manicure

– Terapi; massages, aromaterapi, hydrotherapy, terapi musik.

Fasilitas :

– Relaksasi Lounge

– Meditasi taman

Lounge yang full musik sebagai bagian dari terapi musik dengan sofa yang empuk dan

besar untuk duduk atau berbaring dengan nyaman serta menyajikan makanan dan

minuman ringan.

 

 

.

Metode Desain

Tahap pengumpulan data

a. Analisa Pencahayaan

Analisa ini mencakup penelitian tentang analisa tentang pencahayaan yang sesuai untuk tempat spa, analisa pencahayaan alami dan artificial light, serta analisa pencahayaan melalui lingkungan sekitar.

b. Analisa warna

Warna yang digunakan adalah warna yang dapat menciptakan suasana modern natural yaitu yang menimbulkan kesan natural, fresh, relaxing, smart, active, quiet, dan enjoyable. Warna-warna tersebut akan diaplikasikan pada elemen interior dan eksterior spa serta seluruh fasilitas yang ada agar dapat menciptakan ketenangan serta meningkatkan kinerja dan konsentrasi bagi pengguna ruang..

c. Analisa Material

Material yang digunakan adalah material yang terbentuk melalui proses yang modern namun tetap berkarakter alam (natural) dan ramah lingkungan.

d. Analisa Kebutuhan Ruang

Analisa ini mencakup penelitian tentang analisa standar kebutuhan sebuah tempat spa, analisa tentang kebutuhan ruang sesuai keinginan pemilik, dan menganalisa aktivitas yang terjadi pada tiap-tiap ruang sehingga dapat mengetahui suasana seperti apa yang diharapkan oleh pengguna ruang.

 

Tema

“Modern Natural”

Mendesain Interior Spa yang menawarkan fasilitas spa yang Health and Beauty dengan menciptakan suasana modern natural dalam setiap interiornya sebagai pendukung konsep yang one stop health and beauty.

 

Definisi Tema

Modern dalam desain adalah pengaplikasian bentuk yang lebih sederhana, simple, bersih dengan penggunaan material-material pabrikasi sepeti kaca, aluminium, plastik, dan lain-lain. Secara umum dapat diartikan sebagai sesuatu yang up to date. Natural merupakan suasana alam yang masih segar, jauh dari polusi, pada bangunan meliputi pengaplikasian material-material dari alam seperti kayu, bambu, batu-batuan, dan lain-lain.

Modern Natural sendiri dapat diartikan sebagai perpaduan suasana alam dengan gaya dan fasilitas yang modern seperti penggunaan material-

material pabrikasi yang di kombinasi dengan material dari alam (natural), penggunaan warna natural seperti warna tanah, kayu dan tumbuhan, penggunaan warna modern seperti warna-warna monokromatis dan bentukan-bentukan yang lebih sederhana.

 

JENIS RUANG DAN AKTIFITASNYA

SPA BERKONSEP HEALTH AND BEAUTY

NO

JENIS RUANG

AKTIFITAS

1

LOBBY MENERIMA TAMU,MENGOBROL

2

RECEPTIONIST PENERIMAAN TAMU DAN INFORMASI

3

AREA TUNGGU DUDUK MENUNGGU DAN MEMBACA MAJALAH

4

SHOP IN BODY (COUNTER) MENJUAL PRODUK-PRODUK YANG MENUNJANG

  PERAWATAN TUBUH

5

RUANG KONSULTASI KONSULTASI PERAWATAN,SPA DAN FACIAL

6

AREA HAIR TREATMENT(SALON) CUTTING,COLOURING,dll

7

AREA FACE TREATMENT(FACIAL) FACIAL,MASKER,EYE TREATMENT,MAKE-UP,& NECK

  TREATMENT

8

AREA BODY TREATMEN(SPA) MASSAGE,SCRUB,MASKER,BERENDAM,BILAS,

SINGLE & COUPLE STEAM(pijat refleksi menicure,pedicure),aromatherapy

9

AREA PIJAT REFREKSI & CREAMBATH HAND & FOOD REFLEXIOLOGY,MANICURE,PEDICURE

  CREAMBATH

10

MINI BAR MINUM DAN MENGOBROL

11

LOKER & R.GANTI PENYIMPANAN BARANG,GANTI PAKAIAN,BERHIAS

12

JACUZZI RILEKS,MENIKMATI TERAPI AIR

13

HEAD MASSAGE RILEKSASI KEPALA

14

TOILET CUCI TANGAN,BAK,BAB,BERHIAS

 

 

 

 

 

 

 

 

KEBUTUHAN DAN LUASAN RUANG

NO

JENIS RUANG

UKURAN

KAPASITAS

TOTAL

1

LOBBY

9 m2

2

RECEPTIONIST

10 m2/unit

1 unit

10m2

3

AREA TUNGGU

25 m2/unit

1 unit

25 m2

4

SHOP IN BODY (COUNTER)

20 m2/unit

1 unit

20 m2

5

RUANG KONSULTASI

9 m2/unit

2 unit

18 m2

6

AREA HAIR TREATMENT(SALON)

64 m2/unit

1 unit

64 m2

7

AREA FACE TREATMENT(FACIAL)

12 m2/unit

8 unit

96 m2

8

R,SPA SINGLE

25 m2/unit

10 unit

250 m2

R,SPA COUPLE

36 m2/unit

4 unit

144 m2

9

AREA PIJAT REFREKSI & CREAMBATH

56 m2/unit

1 unit

56 m2

10

MINI BAR

60 m2/unit

1 unit

60 m2

11

LOKER & R.GANTI

25 m2/unit

2 unit

50 m2

12

JACUZZI

12 m2/unit

6 unit

72 m2

13

HEAD MASSAGE

9 m2/unit

6 unit

54 m2

14

SAUNA

12 m2/unit

 1 unit

12 M2

14

TOILET

25 m2

 

 

 

FASILITAS SERVIS DAN PENUNJANG

NO

JENIS RUANG

UKURAN

KAPASITAS

TOTAL

1

R.GENSET 4×3 m2   12 m2

2

R.POMPA 4×4 m2   16 m2

3

MUSHALLA + T.WUDLU 5×5 m2+2×2 m2   39m2

4

LOADING DOCK   1TRUCK 21 m2

5

GUDANG 5 x 4 m2   20 m2

6

DAPUR 5 x 4 m2   20 m2

7

POS SATPAM 3 x 2 m2   6 m2

8

R.GANTI PEGAWAI 5 x 5 m2   25 m2

9

KANTOR 6 x 5 m2   30 m2

10

JANITOR 2 x 1,5 m2   3 m2

11

PARKIR     150 m2

 

POTONGAN TAMPAK 1 TAMPAK 2 TAMPAK 3 IMG-20130115-01657 IMG-20130115-01658 IMG-20130115-01659 IMG-20130115-01660 IMG-20130115-01662 IMG-20130115-01663 IMG-20130115-01664

by: M.ZAKKI /5115211008/T.arsitektur/aplikom 2 kelas C

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s