Apa Itu AutoCAD?

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.

 

AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain.
Format data asli AutoCAD, DWG, dan yang lebih tidak populer, Format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) DXF, secara de facto menjadi standard data CAD. Akhir-akhir ini AutoCAD sudah mendukung DWF, sebuah format yang diterbitkan dan dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD.
AutoCAD saat ini hanya berjalan disistem operasi Microsoft. Versi untuk Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan. AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC atau Wine.
Kelebihan AutoCAD
Arsitek yang menggunakan AutoCAD akan mendapatkan beberapa keunggulan seperti penghitungan yang akurat, kemudahan dalam merencanakan desain secara utuh dan pas, memiliki estimasi dalam segi waktu pengerjaan, mendapatkan bahan material desain yang dibutuhkan, memprogram waktu eksekusi lapangan, dan yang paling penting dari semua adalah kita dapat melihat suatu desain dan objek gambar secara utuh dan sesuai dengan aslinya.
Selain itu beberapa keuntungan dari AutoCAD adalah sebagai berikut.
  • Menghasilkan kualitas desain yang konstan, tanpa menggantungkan diri pada kepiawaian penggambar.
  • Memiliki kecepatan dan keakuratan tingkat tinggi.
  • Mudah untuk melakukan editing dan perubahan seperlunya.
  • Bisa dijadikan data base sehingga memungkinkan pengguna lain untuk turut mengakses informasi yang dimiliki.
  • Bisa membuat sebuah bank library sehingga memudahkan penggambaran pada waktu berikutnya.
  • Sangat mudah untuk dioperasikan dan disimpan sebagai dokumentasi.
  • Memiliki pilihan warna yang beragam sehingga seorang arsitek dapat dengan mudah untuk mendesain.
Perkembangan AutoCAD
Revisi dan upgrade dari autoCAD sudah mengalami banyak perkembangan, mulai dari autoCAD yang berseri AutoCAD, sampai dengan AutoCAD 2011.
Perkembangan AutoCAD ini bukannya tanpa sebab, karena perkembangan ini adalah revisi dari program-program sebelumnya. Hal ini akan menguntungkan Anda sebagai seorang arsitek teknik, yang biasanya memang harus berkutat dengan desain dan gambar yang membutuhkan keakuratan tinggi. Selain itu kemudahan dalam menggunakan AutoCAD akan sangat membantu Anda dalam pengerjaan gambar serta menghmat waktu berharga
 Anda. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa dibutuhkan ketelitian tinggi dalam  menginstall program AutoCAD ke dalam komputer Anda . Oleh karena itu kami memberikan layanan download gratis AutoCAD.
Tips Mempelajari AutoCAD
Disini Anda bisa mendownload AutoCAD gratis, sehingga Anda dapat belajar untuk menggunakan AutoCAD secara mahir. Beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mempelajari AutoCAD.
Serius dalam belajar
Pelajari AutoCAD secara serius, sehingga Anda dapat  secara mudah untuk menguasai setiap tools yang ada dalam program AutoCAD. Gunakanlah setiap hari setidaknya 3 jam untuk mempelajari AutoCAD.
Belajar secara teratur
Untuk menguasai program AutoCAD, Anda harus berani untuk mencoba berbagai desain sehingga Anda dapat menguasai toolsnya secara benar dan baik. Cobalah untuk surfing di internet agar Anda dapat mempelajari segala hal yang berkaitan dengan autoCAD. Carilah download AutoCAD gratis yang disediakan oleh beberapa website yang menyajikan tentang AutoCAD. Seperti dalam website kami yang juga akan menyediakan bagi Anda kesempatan untuk download AutoCAD gratis.

keuntungan menggunakan CADBeberapa  dibanding menggambar manual adalah:


1. Kualitas gambar konstan, tidak terlalu tergantung pada skill penggambar sebagaimana gambar manual.
2. Relatif lebih akurat dan cepat pengerjaannya karena menggunakan komputer.
3. Dapat diedit, ditambah-kurang tanpa harus memulai dari awal.
4. Dapat menjadi data base yang menyimpan berbagai informasi penting yang dibuat oleh drafter dan dapat diakses langsung oleh pengguna lain.
5. Dapat dibuat library untuk komponen-komponen standar atau komponen yang digambar/ dipergunakan berulang-ulang dalam gambar (misalnya: baud, mur, simbol-simbol,dll.) sehingga mempermudah dan mempercepat dalam proses pembuatan gambar.
6. Lebih mudah dan praktis dalam dokumentasi, duplikasi, dan penyimpanannya.
7. Dapat dibuat dengan berbagai warna sehingga lebih menarik dan mudah dipahami.

Komputer adalah suatu alat bantu pengolah informasi atau data dengan mekanisme kerja input-proses-output. Dalam sistem CAD:
1. Input device
Berfungsi untuk melakukan pemilihan-pemilihan menu dan berbagai perintah (command) untuk membuat gambar sesuai keinginan. Perangkat ini dapat berupa: keyboard, mouse, joystick, thumb wheel, light pen, dll.
2. Processing device
Berupa perangkat lunak (software) dan system pemrogramannya yang sesuai. Ada beberapa macam perangkat lunak yang biasa digunakan untuk ini, yang paling umum adalah AutoCAD.
3. Output device
Berfungsi untuk menampilkan hasil-hasil gambar yang telah dibuat, bisa dalam bentuk tampilan visula pada layar monitor atau tampilan cetak oleh printer.

Beberapa contoh perangkat lunak (software) CADD/CAM yang beredar di pasaran antara lain AlphaCAM, Ashlar, AutoCAD, CATIA/CADAM, FastCAD, MasterCAM, SurfCAM, Softplan, TurboCAD, EaglePoint, Microstation, dll.

Sumber :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s