Konsep Unik, “Kantor Keong” di Taman Rumah

Shoffice adalah sebuan paviliun mungil yang ditempatkan di taman. Ia berfungsi sebagai kantor mungil sekaligus tempat penyimpanan.

Pernah membayangkan kita dapat bekerja dengan fokus dan nyaman di udara terbuka? Ya, bayangan seperti itulah yang terkonsep dengan nyata pada ‘Shoffice’, sebuah karya dari Platform 5 Architects, praktisi arsitektur berbasis di London. Shoffice merupakan singkatan dari shed (pondok) dan office (kantor).

Menyimak arti namanya, Anda mungkin sudah dapat menebak bentuk kantor kecil ini. Shoffice adalah sebuan paviliun mungil yang ditempatkan di taman. Ia berfungsi sebagai kantor mungil sekaligus tempat penyimpanan.

Saat ini, salah satu Shoffice terletak di Barat Daya London, Inggris. Berbeda dengan kantor pada umumnya, Shoffice berbentuk seperti pahatan kayu (sculpture) yang menyerupai keong. Bentuk melengkung yang menjaci ciri khas bangunan ini tampak seperti keong. “Sisa” bentuk elips yang menjorok keluar membuatnya tampak cantik sekaligus berfungsi sebagai teras kecil di depan bangunan ini.

Bangunan ini terbuat dari struktur ringan yang dibentuk dari dua balok baja berbentuk lingkaran, rusuk kayu, dan lapisan kulit kayu. Interiornya sendiri berlapis kayu ek dan dilengkapi dengan perlengkapan serta meja yang terintegrasi dengan bangunan.

Sementara itu, pintu pondok ini terbuat kaca. Karena itulah, sinar matahari dari luar dapat masuk ke dalam ruangan dengan mudah.

Proyek pembuatan bangunan ini sebagian besar telah mengalami prefabrikasi atau penyambungan sebelum dirakit menjadi bangunan. Gunanya proses ini adalah mengurangi jumlah bahan yang perlu dipindahkan melalui rumah selama konstruksi.

 

Sumber :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s