ARSITEK DAN KARYANYA

1. SANTIAGO CALATRAVA

Santiago Calatrava adalah arsitek terkenal di dunia, insinyur dan pematung. Sudah terkenal di Eropa dengan estetika desainnya yang unik, Calatrava mulai membuat namanya menjadi terkenal ketika di Amerika Serikat. Dimulai dengan Milwaukee Art Museum, dia telah merancang sejumlah bangunan publik dan jembatan di AS dalam beberapa tahun terakhir. Karena mempunyai latar belakang sbg Engineer dan Arsitek, karya-karyanya banyak mengambil ide dari bahan-bahan seperti beton, kaca dan baja dengan desain yg sangat tidak biasa.

2. Kenzo Tange
Kenzo Tange lahir di kota kecil Imabari, Jepang Selatan, pada tanggal 4 September 1913. Pada tahun 1935 dia memulai belajar dalam bidang arsitektur di “Department of Architecture at The University of Tokyo”. Dia mulai mengambil perhatian publik, hasil studinya mendapat penghargaan dari “Tatsuno Prize”. Setelah Perang Dunia II, Tange memenangkan sayembara untuk mengabadikan momen pengeboman kota Hiroshima, “a piece center in Hiroshima”. Setelah memenangkan sayembara itu, Tange membuka kantor konsultan pribadinya. ada awal kariernya, Tange memiliki konsep tersendiri dalam menghasilkan suatu karya yaitu suatu penggabungan gaya modern dengan bentukan asitektur tradisional Jepang. Namun seiring dengan perkembangan zaman, pada akhir ’60-an beliau menolak konsep regionalisme dan berubah ke International style.

3. Ir. SOEKARNO
Soekarno tercatat sebagai mahsiswa angkatan pertama yang bersekolah di ITB (dahulu bernama Technische Hooge School). Ini dia satu-satunya presiden di Indonesia yang pernah merancang bangunan tempat tinggal. Soekarno merupakan murid dari seorang arsitek belanda sekaligus guru besar Sekolah Teknik, Wolff Schoemaker.
Sama halnya dengan sang Guru yang memiliki ciri khas di setiap bangunan yang dirancangnya,Soekarno juga mempunyai ciri khas sendiri. Selain atap yang bersusun dua, di puncak atap bangunan rancangan Soekarno selalu terdapat ornamen yang bentuknya menyerupai Gada. Soekarno adalah pengagum wayang dan salah satu tokoh favoritnya adalah Bima. Dalam legendanya, senjata yang selalu digunakan Bima adalah Gada. Begitulah salah satu versi yang mengatakan mengapa Soekarno selalu menempatkan Gada di setiap bangunannya.

4. RIDWAN KAMIL
Ridwan Kamil adalah seorang arsitek, perancang kota, penulis dan pendidik di ITB Bandung. Dia adalah Kepala Urbane, sebuah arsitektur dan studio desain perkotaan di Bandung melayani klien desain internasional terutama di Asia dan Timur Tengah.
Pada tahun 2006, Ia dianugerahi sebagai 2006 Young Design Entrepreneur of the Year. Arsitek lulusan Berkeley, California ini masih tergolong muda. Usianya baru 38 tahun. Namun, reputasinya dalam bidang urban desain tergolong meyakinkan. Bersama perusahaan konsultan Urbane Indonesia, Emil—begitu ia biasa disapa—dipercaya menggarap master plan dan urban design guidelines sebuah kawasan superblok Beijing Financial Street.

5. ANDRA MATIN
Isandra Matin Ahmad adalah seorang arsitek yang karya-karyanya menerima banyak penghargaan sejak mendirikan Andra Matin Architects pada tahun 1988. meraih IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) Award pada tahun 1999 dan 2002 untuk Gedung kantor Le Bo Ye Graphic Design dan Gedung Dua8 di Kemang, Jakarta Selatan. Untuk itu juga pada tahun 2007 Walpaper Architecture Directory menobatkan Andra Matin sebagai salah satu arsitek, dari 101 arsitek dunia, yang paling berkiprah di tahun 2007. Terakhir, pada tahun 2008 Pak Andra kembali berhasil menyabet 3 piala dari 7 penghargaan yang ada pada IAI Award.

6. Popo Danes
Empat hal yang menjadi perhatian utama Popo dalam karya arsitektur, yaitu: arsitektur tropis, budaya, tourisme, dan Eco-friendly. Ciri-ciri dari karya beliau, antara lain: Penggunaan bahan bekas yang masih layak pakai, modern tetapi tetap mempertahankan nilai-nilai tradisional ornamen Bali, dan memaksimalkan penggunaan bahan lokal.
Beliau memperoleh 2008 ASEAN Energy Award untuk energy efficient building pada kategori bangunan tropis untuk arsitektur Ubud Hanging Garden.Firma Arsitek Popo Danes terpilih sebagai 3 top arsitek yang berhak mendapat award untuk mengikuti 2008 Somfy Living Architecture seminar di Venesia, Italia dalam rangka acara arsitek terkemuka “Biennale d’architecture”, pada tanggal 15-16 Oktober 2008.

7. KOMANG SUARDIKA (JEGHIER ARCHITECT)
Komang Suardika adalah salah satu arsitek modern di Indonesia yg telah memiliki banyak pengalaman. Dia mengambil jurusan Arsitektur Universitas Udayana, Bali pada tahun 1996. Saat ini beliau mendirikan PT. Jeghier Architect Indonesia dan berperan sebagai presiden direktur sekaligus principal architect pada konsultan arsitektur tersebut.
Beberapa karyanya antara lain yaitu : Verandah Restaurant Cyberlodge Resort-Malaysia, Kantor Kita-Sanur Bali, Atap Lounge Putrajaya-Malaysia, The Karma Lounge-Putrajaya Malaysia, Hotel Villa Lumbung-Petitenget Kuta Bali, Ayung River Estate-Sanur Bali, dan masih banyak lagi.

 

3 thoughts on “ARSITEK DAN KARYANYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s